Peristiwa

BPBD Kota Medan Gelar Sosialisasi Tatap Muka Dengan Penduduk Rawan Bencana

MEDAN | MBR – Guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi dan mengurangi risiko bencana, Pemko Medan melalui BPBD kota Medan menggelar sosialisasi tatap muka dengan penduduk daerah rawan bencana di hotel Madani, Selasa (25/07/2023).

Sosialisasi ini dibuka oleh Walikota Medan, Bobby Nasution diwakili Kepala BPBD kota Medan, Muhammad Husni. Sejumlah materi disampaikan dalam sosialisasi yang digelar dua hari ini diantaranya Pelayanan Informasi Rawan Bencana, Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan terhadap Bencana serta Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana.

Kepala BPBD Kota Medan, Muhammad Husni mengungkapkan selain di hotel Madani kegiatan ini juga dilakukan di taman cadika pada, Rabu (26/07/2023). Di hari kedua nantinya akan kita praktekkan bagaimana masyarakat tanggap darurat bencana.”Sosialisasi ini kita lakukan agar masyarakat khususnya daerah rawan bencana memiliki pengetahuan, keterampilan dalam menghadapi dan mengurangi resiko bencana. Ini juga sesuai dengan visi dan misi bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution,”jelas Muhammad Husni.

Menurut Husni dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana terdapat tiga Jenis Pelayanan Dasar yakni Pelayanan Informasi Rawan Bencana, Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan terhadap Bencana serta Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana. “Ketiga jenis pelayanan dasar dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana ini menjadi materi yang akan diberikan kepada peserta sosialisasi,” jelas Husni.

Husni menambahkan pemateri dalam pertemuan ini yakni jajaran BPBD Kota Medan yaitu Sekretaris dan Kepala Bidang serta Ketua Tim Kerja Lingkup Kesiapsiagaan BPBD Kota Medan, Yamin Daulay.

“70 orang dari perwakilan Kelurahan Tangguh Bencana (Keltana) menjadi peserta dan Praktisi Kebencanaan, LPM Kota Medan Karang Taruna, Kelompok Relawan dan Satuan maupun Kelompok masyao siaga Bencana. Kita harapkan usai pertemuan ini para peserta dapat lebih memiliki keterampilan dalam menghadapi dan mengurangi resiko bencana,” sebut Husni. (Sarwo/rel)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *