Pendidikan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan Mengadakan Asesmen Kepala Sekolah

MEDAN | MBR – Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan mutu sekolah yang semakin baik, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan kembali mengadakan asesmen jabatan Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah untuk tingkat SD dan SMP di kota Medan bertempat di Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (25/07/2023).

Pelaksanaan asesmen yang berlangsung selama dua hari tersebut ditinjau langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar di dampingi Sekretaris Dinas, Kiky Zulfikar untuk memastikan proses asesmen berjalan dengan lancar. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar mengatakan asesmen yang dilakukan hari ini untuk Kepala Sekolah dan calon Kepala Sekolah guna mengisi kekosongan beberapa jabatan Kepala Sekolah yang telah memasuki batas usia pensiun.

“Kita melakukan asesmen untuk mengisi beberapa jabatan Kepala Sekolah yang telah memasuki masa pensiun, termasuk juga asesmen untuk melihat kemampuan Kepala Sekolah yang ada saat ini sehingga kita dapat menata Sekolah agar kualitas dan mutunya semakin baik, “kata Laksamana Putra Siregar.

Adapun Kepala Sekolah dan calon Kepala Sekolah yang mengikuti asesmen ini sebanyak 400 orang dimana 381 diantaranya merupakan jabatan Kepala Sekolah untuk tingkat SD.”Karena jumlahnya cukup banyak, makanya kita adakan selama dua hari, “sebut Laksamana Putra Siregar. Hasil dari asesmen ini dikatakan Laksamana Putra Siregar nantinya akan dilaporkan kepada Walikota Medan, Bobby Nasution melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Medan sebagai bahan untuk penataan pegawai.

“Selanjutnya hasilnya akan kita laporkan kepada Pak Walikota melalui BKPSDM sebagai bahan untuk menata kepegawaian khususnya dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, “ujar Laksamana Putra Siregar. Dengan adanya asesmen ini diharapkan dapat melihat potensi Kepala Sekolah yang ada di Kota Medan sekaligus juga sebagai  upaya managemen kepegawaian di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan.

“Untuk itu kita harapkan asesmen ini dapat menjadi model untuk melakukan rekrutmen Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah yang memang memiliki potensi, “harap Laksamana Putra Siregar. Pelaksanaan asesmen Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah ini juga mendapat dukungan penuh dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Perwakilan dari USU, Husni Thamrin yang juga ikut melakukan peninjauan mengaku siap mendukung pelaksanaan asesmen ini dengan menyiapkan peralatan dan seluruh fasilitas untuk mendukung kelancaraan proses asesmen. “Kita berharap USU dapat menjadi bagian dalam proses pembenahan pelayanan pendidikan di kota Medan, “pungkasnya. (mbr)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *